Mengintip Dapur Irjen Agung Setya dalam Menangani Covid-19 di Riau

Mengintip Dapur Irjen Agung Setya dalam Menangani Covid-19 di Riau
Kapolda Riau Irjen Agung Setya memaparkan kepada Presiden Joko Widodo upaya penanggulangan kebakaran lahan dan hutan melalui aplikasi Lancang Kuning pada 20 Februari 2020 silam. Humas Polda Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Kesuksesan Riau dalam menekan penyebaran Covid-19 salah satunya dilatari oleh aplikasi Lancang Kuning.

Aplikasi tersebut yang awalnya berfungsi untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, digandakan peruntukannya melihat zonasi penyebaran virus Covid-19.

Dengan begitu, Polda Riau bisa melakukan intervensi secara zonasi hingga bagian terkecil.

Hal itu disampaikan Kapolda Riau Irjen Agung Setya menyusul pernyataan Satgas Penanganan Covid-19 Pusat yang menilai Riau merupakan salah satu provinsi yang berhasil menekan penyebaran virus corona dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Salah satu pendekatan yang dinilai berhasil oleh Satgas Pusat ialah penegakan protokol kesehatan yang serius di Riau. Provinsi lain pun diminta untuk belajar dari Riau.

"Untuk manajemen penegakan protokol kesehatan dalam rangka mengurangi penyebaran Covid-19, Polda Riau menggunakan aplikasi dashboard Lancang Kuning yang sudah digunakan sejak September 2019, untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Saat ini aplikasi dashboard Lancang Kuning digunakan untuk memobilisasi anggota Polda Riau dalam melaksanakan kegiatan PSBB yang telah berganti menjadi kegiatan PPKM," kata Agung kepada JPNN.com, Jumat (5/2).

Eks Deputi VI Bidang Intelijen Siber Badan Intelijen Negara (BIN) itu menjelaskan, pihaknya mengintegrasikan aplikasi Lancang Kuning dengan aplikasi Satgas Covid-19, yaitu Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) pada Oktober 2020.

Hal itu memudahkan jajarannya maupun pihak terkait untuk melihat kedisiplinan masyarakat akan protokol kesehatan Covid-19.

Satgas Penanganan Covid-19 Pusat menilai Riau merupakan salah satu provinsi yang berhasil menekan penyebaran virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News