Mengintip Kemegahan Terminal Baru Bandara Jewel Of Borneo

Mengintip Kemegahan Terminal Baru Bandara Jewel Of Borneo
Terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, BANJARMASIN - PT Angkasa Pura (AP) I hari ini sudah mulai mengoperasikan Terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Selasa (10/12).

Di mana trafik penumpang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada 2018 sudah mencapai 3,9 juta penumpang. Sementara kapasitas ideal terminal lama hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun.

Dengan adanya terminal baru ini, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin memiliki kapasitas 7 juta penumpang per tahun.

"Hampir lima kali lebih besar dari terminal lama," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Kemegahan sekaligus kekayaan bumi Kalimantan terlihat pada desain bandara yang menyerupai intan permata dengan bentuk atap yang menyerupai perahu jukung, yang juga merupakan salah satu ciri khas Kalimantan Selatan. 

"Karena itu bandara ini juga disebut sebagai Jewel of Borneo," sebut Faik.

Faik menjelaskan, Jewel of Borneo hadir dengan sisi modern melalui peralatan mutakhir berstandar internasional di area seluas 77.562 meter persegi, yang mampu menampung 7 juta penumpang per tahun serta apron atau tempat parkir pesawat yang dapat menampung 14 pesawat narrow body. 

Fasilitas berupa tiga garbarata, 42 check-in counter, dan empat baggage conveyor disiapkan untuk semakin menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang. 

Kemegahan sekaligus kekayaan bumi Kalimantan terlihat pada desain Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin yang menyerupai intan permata dengan bentuk atap, yang juga merupakan salah satu ciri khas Kalimantan Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News