Menhub: Ada 12 Ribu Truk yang Bergerak dari Jakarta

Menhub: Ada 12 Ribu Truk yang Bergerak dari Jakarta
Truk. Ilustrasi. Foto dok JPG/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merasa khawatir melihat puluhan ribu truk yang melintas di sepanjang jalan Jakarta-Surabaya, setiap harinya sehingga menyebabkan kerusakan jalan.

Karena itu, dia mengimbau agar truk pengangkut barang melewati jalur laut, sehingga mengurangi kerusakan jalan darat.

"Info dari Aptrindo ada 12 ribu truk yang bergerak dari Jakarta menuju Surabaya, bayangkan, sementara ada 1.200 truk yang melintasi pulau Bali. Kita berusaha kalau bisa dari Surabaya langsung ke Padangbai tidak melewati jalan di Bali," ujar Budi.

Dengan adanya pelayanan penyeberangan dengan kapal, maka akan lebih ekonomis khususnya bagi pemilik truk-truk yang mengangkut barang.

Ke depan, Budi berencana akan membuat konsep serupa di kota-kota lain.

"Kami sudah buat juga yang dari Surabaya ke Lembar, sekarang tinggal pikirkan bagaimana Panjang-Jakarta-Semarang-Surabaya-Padangbai-Lembar itu menjadi satu anchor," paparnya.

Mantan dirut AP II ini akan menerapkan law enforcement, khususnya pada fungsi jembatan timbang.

Dengan begitu diharapkan kendaraan angkutan barang tidak lagi membawa beban melebihi ketentuan, sehingga biaya perawatan jalan akan jauh lebih rendah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merasa khawatir melihat puluhan ribu truk yang melintas di sepanjang jalan Jakarta-Surabaya, setiap harinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News