Menhub Akui Dua Pesawat Lion Nyaris Bersenggolan di Udara

Radar Mati, Lalu Lintas Pesawat Tidak Terkendali

Menhub Akui Dua Pesawat Lion Nyaris Bersenggolan di Udara
Menhub Akui Dua Pesawat Lion Nyaris Bersenggolan di Udara
JAKARTA--Minggu (16/12) lalu, radar bandara Soekarno Hatta mati setelah mengalami gangguan pasokan listrik. Meski hanya berlangsung sesaat, namun akibatnya sangat fatal. Puluhan jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Soekarno Hatta terpaksa ditunda atau kembali ke bandara keberangkatan.

Tidak hanya itu, terungkap dua pesawat Lion Air nyaris bersenggolan di udara (near miss). Karena selama hampir 15 menit, kedua pesawat tidak memiliki petunjuk radar. Menhub EE Mangindaan, akhirnya mengakui adanya peristiwa tersebut dan menyebutnya sebagai situasi yang tidak terkendali.

"Iya, 15 menit terhenti operasional radar, kemudian listrik mati. Itu yang membuat selama 15 menit itu tidak terkendali. (Yang senggolan) Itu memang Lion dengan Lion," kata Mangindaan pada wartawan di Jakarta, Selasa (18/12).

Dalam standar penerbangan, setiap penerbangan diatur radar sehingga antara satu pesawat dengan pesawat lainnya memiliki batas aman. Menurut standar minimal resmi, jarak antar pesawat adalah 5 nautical mile (NM) atau 9.260 m secara horisontal dan 1.000 kaki (304,8 m) secara vertikal.

JAKARTA--Minggu (16/12) lalu, radar bandara Soekarno Hatta mati setelah mengalami gangguan pasokan listrik. Meski hanya berlangsung sesaat, namun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News