Menhub Budi: Arus Balik 2023 Berjalan Baik

Menhub Budi: Arus Balik 2023 Berjalan Baik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers meninjau pemilir di Stasiun Pasar Senen, Minggu (30/4/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan arus balik Lebaran 2023 pada 24-30 April di Indonesia berjalan baik.

“Secara keseluruhan dapat dikatakan (arus balik) ini berjalan dengan baik, ya, karena di lapagan tidak ada satu masalah yang berarti,” kata Menhub Budi sesuai memantau pemilir di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (30/4).

Menurut Budi, arus milir diperkirakan akan mencapai puncaknya dan masih berlangsung hingga 1 Mei 2023 terutama untuk angkutan Lebaran jalur darat.

Dia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Jasa Marga, dan memastikan kapasitas layanan tetap bisa menampung volume kendaraan yang akan melakukan milir.

Kementerian Perhubungan juga terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait lainnya, seperti para penyedia layanan transportasi udara, hingga ASDP Indonesia, untuk bisa mengantisipasi puncak arus milir tersebut.

"Saya juga sudah berpesan kepada teman-teman di darat, ASDP, layanan udara, dan KAI. Kami harus menjaga dua hari ini jangan sampai kami tidak bisa melayani dengan baik," ujar Menhub Budi.

Di samping itu, Kemenhub secara khusus mengapresiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dinilai telah membantu kelancaran proses mudik maupun milir di momen Ramadan dan Idulfitri 1444 H.

Hal itu mengingat pemudik dan pemilir paling banyak berasal dari ibu kota Jakarta.

Menhub Budi memastikan secara keseluruhan arus balik Lebaran 2023 berjalan lancar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News