Mudik Lebaran Terbesar, Tahun Ini 123,8 Juta Orang Pergi ke Kampung Halaman

Mudik Lebaran Terbesar, Tahun Ini 123,8 Juta Orang Pergi ke Kampung Halaman
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru saat mengunjungi Terminal Alang-Alang Lebar (AAL) Palembang. Foto: Diskominfo Sumsel.

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 123,8 juta orang melakukan mudik Lebaran 2023. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Terminal Alang Alang Lebar (AAL) di KM 12 Kota Palembang, Sabtu (29/4).

"Tahun ini menjadi arus mudik paling besar, di mana ada 123,8 juta orang melakukan mudik, angka itu setara dengan 46 persen jumlah penduduk Indonesia. Artinya, pada libur Lebaran 2023 nanti, hampir setengah penduduk Indonesia akan melakukan mobilitas antarkota," terang Budi.

Tahun ini kata Budi, pergerakan masyarakat meningkat sangat signifikan, baik itu jalur darat, laut, dan udara.

"Penggunaan Jalan Tol naik sebesar 60 persen, penggunaan jalur laut juga meningkat 60 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan, LRT juga terjadi pergerakan yang signifikan karena ada peningkatan 30 persen. Alhamdulillah-nya, mudik terbesar tahun ini berjalan dengan aman," kata Budi.

Menurut Budi, lonjakan akan terus terjadi, mengingat prediksi puncak arus balik yang dimulai hari ini hingga 1 Mei mendatang.

"Puncak arus balik, dari apa yang kami petakan, waktu mudik dipanjangkan hingga 1 Mei, jadi besok dan lusa (Minggu dan Senin ) diprediksi akan tinggi dan menjadi puncak arus balik. Untuk itu saya ingatkan kepada pemudik harus bisa memanage diri dan sabar-sabar di jalan karena ini puncaknya," pesan Budi. (mcr35/jpnn)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa 123,8 juta orang melakukan mudik lebaran tahun 2023.


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News