Menhub Budi Karya Imbau Pemudik jangan Lakukan Perjalanan Akhir Pekan Ini

Menhub Budi Karya Imbau Pemudik jangan Lakukan Perjalanan Akhir Pekan Ini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke rumah masing-masing pada akhir pekan ini. Ilustrasi Foto: Kemenhub

jpnn.com, BANTEN - Pemudik yang masih berada di kampung halaman diimbau agar menghindari untuk melakukan perjalanan ke rumah masing-masing pada akhir pekan ini.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang didampingi Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung, Sabtu (7/5).

Menurut Menhub Budi Karya, 60 persen pemudik belum kembali ke Jakarta, baik yang menyeberang dari Sumatra maupun melalui jalur tol dari arah timur menuju Jakarta dan sekitarnya.

“Pada arus mudik, 37 ribu kendaraan dalam sehari, di Merak ada antrean sepanjang 10 km. Kalau ini nanti lebih dari itu, katakan 45 ribu hingga 50 ribu kendaraan sehari, maka akan ada antrean dan tentu pelayanan menjadi tidak baik,” kata Menhub Budi Karya.

Menhub mengatakan pemerintah memberikan izin bagi masyarakat yang bekerja untuk mengambil cuti setelah tanggal 8 Mei 2022 dan juga kepada anak sekolah melalui daring.

“Kami mohon masyarakat untuk mengikuti anjuran ini agar perjalanan kembalinya bisa lebih nyaman,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik dari Sumtera ke Jawa melalui penyeberangan, disiapkan tujuh dermaga di Bakauheni.

Dia mengatalan ada tambahan empat dermaga di Pelabuhan Panjang dan BBJ.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke rumah masing-masing pada akhir pekan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News