Menhub dan Dubes Jepang Bahas Kerja Sama Pembangunan Infrastruktur

Menhub dan Dubes Jepang Bahas Kerja Sama Pembangunan Infrastruktur
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (jaket hitam) saat rapat di DPR. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Duta Besar Jepang Masafumi Ishii untuk membahas empat hal terkait kerja sama infrastruktur transportasi bilateral dari kedua negara.

“Pertemuan hari ini adalah pertemuan lanjutan antara saya dengan Dubes Jepang terkait pembahasan kerja sama pembangunan infrastruktur dan kerja sama pembiayaan," ujar Budi di kantornya, Senin (14/8).

Kerja sama itu yakni menyangkut rencana pembangunan peningkatan kecepatan kereta api Jakarta-Surabaya, kelanjutan perjanjian kerja sama Indonesia-JICA untuk studi MRT East-West Corridor, perpanjangan disbursement loan proyek KA double-double track Cikarang-Manggarai, dan kerja sama pembangunan Pelabuhan Patimban.

Budi mengatakan, terkait rencana pembangunan percepatan waktu tempuh kereta-api rute jalur Jakarta-Surabaya menjadi kurang lebih lima jam, pemerintah Indonesia secara intensif telah membahas persiapan untuk mewujudkan hal tersebut.

Budi juga menegaskan Kemenhub berkomitmen melanjutkan perjanjian kerja sama pemerintah Indonesia dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) untuk studi proyek pembangunan MRT East-West Corridor.

“Setelah perayaaan Hari Kemerdekaan, saya menugaskan Dirjen Perkeretaapian untuk menemui Bapak Dubes untuk membahas rincian tindak lanjut rencana pemerintah untuk melanjutkan komitmen melaksanakan perjanjian pinjaman untuk kerja sama studi rencana pembangunan MRT East-West Corridor sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati antara pemerintah Indonesia dan JICA tersebut,” jelas dia.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Duta Besar Jepang Masafumi Ishii untuk membahas empat hal terkait kerja sama infrastruktur transportasi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News