JPNN.com

Menhub Usul Direksi PT KA Diganti

Senin, 02 Agustus 2010 – 11:05 WIB Menhub Usul Direksi PT KA Diganti - JPNN.com
BANDUNG - Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengaku saat ini tengah melakukan evaluasi mendalam tentang kinerja dua direksi BUMN, yaitu PT Kereta Api dan PT Pelindo II. Pihaknya bahkan siap mengusulkan agar seluruh direksi PT Kereta Api diganti.

       

"Saya agak kecewa dengan manajemen PT KA. Direksi harusnya bisa menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang dikelolanya. Nanti kita evaluasi, kalau perlu seluruhnya (direksi) diganti," ujar Menteri Perhubungan Freedy Numberi dalam workshop media akhir pekan lalu. Dia mengaku tengah mempelajari semua informasi yang disampaikan masyarakat kepadanya.

       

Khusus untuk BUMN sektor transportasi, dia mengaku kinerjanya harus sejalan dengan program pemerintah yang lebih mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, ketimbang kepentingan bisnis (profit oriented). "Pemerintah tidak akan memberikan toleransi sedikitpun terhadap direksi BUMN yang mengabaikan pelayanan kepada masyarakat karena sikap itu sangat bertentangan dengan misi pemerintah," ungkapnya.

Menurut dia, tidak seharusnya BUMN transportasi takut rugi, sebab kalaupun merugi akibat PSO (public service obligation) pasti akan dibebankan dan ditanggung oleh pemerintah. Bahkan untuk PT Kereta Api, hingga kini masih terus dibantu, mulai dari infrastrtuktur jaringan jalan, stasiun, lokomotif, gerbong hingga tarif penumpang kelas ekonomi. "Silahkan cari untung, tapi pelayanan harus dikedepankan," sindirnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...