Menikah Lagi, Ternyata Begini Cara Din Syamsuddin Meluluhkan Hati Cucu Pendiri Ponpes Gontor

Menikah Lagi, Ternyata Begini Cara Din Syamsuddin Meluluhkan Hati Cucu Pendiri Ponpes Gontor
Din Syamsuddin bersama istri ketiga di pelaminan dalam resepsi pernikahan yang digelar di Pondok Pesantren Gontor. Foto: Twitter/ngopibareng

jpnn.com, PONOROGO - Ada alur cerita di balik pernikahan Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dengan istrinya Rashda Diana, cucu KH Imam Zarkasyi, pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Pernikahan antara Guru Besar UIN Syarif Hidayatulah Jakarta dengan Rashda Diana tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Modern Gontor pada Minggu 3 Januri 2021 lalu. Acara pernikahan ini dihadiri segenap pimpinan pondok.

 Bertindak sebagai saksi dari pihak pengantin pria adalah Wakil Ketua Umum MUI Dr Anwar Abbas. Sedangkan dari pihak pengantin wanita Prof. Amal Fathullah Zarkasyi, pimpinan Pondok Modern Darussalam, Gontor.

Ketiga putra Din juga hadir, yakni Farazandi Fidinansyah, Mihra Dildari, dan Fiardhi Farzanggi. Beberapa sahabat Din juga hadir.

Antara lain Rektor UMJ Prof Syaiful Bakhri, Wakil Ketua Umum DN-PIM Prof R. Siti Zuhro dan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Syafiq A Mugni, dan Wakil Ketua PWM Jatim, Prof Ahmad Jainuri.

Mustofa Nahrawardaya, orang dekat Din Syamsuddin yang turut menghadiri pernikahan tersebut menceritakan awal pertemuan atau bahasa gaulnya kisah asmara Din dengan Rashda.

“Pak Din itu anggota Majelis Wakaf Pondok Pesantren Gontor. Jadi ada pertemuan rutin setiap bulan di pondok,” katanya.

Menurut pegiat media sosial tersebut, pada pertengahan November 2020 lalu merupakan momen pertama kali Din bertemu dengan Rashda. “Namun hanya pertemuan biasa. Setelah itu hilang kontak. Tak bisa berkomunikasi,” ujar Tofa.

Dia menjelaskan, sejak Rasdha ditinggal wafat suaminya, dia menutup rapat diri dari semua kawan-kawan suaminya. Dia tak mau menerima kontak lelaki. Semua daftar nomor dengan nama lelaki di kontak telepon miliknya diblock, termasuk nomor Pak Din.

Din Syamsuddin berhasil meluluhkan hati cucu pendiri Ponpes Gontor yang sulit didekati banyak pria.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News