Menjelang Iduladha, Kementan Pastikan Produksi Sayuran Aman

Menjelang Iduladha, Kementan Pastikan Produksi Sayuran Aman
Kementerian Pertanian (Kementan) dipimpin Direktur Jenderal Hortikultura melakukan pengecekan ketersediaan produksi sayuran utama kentang, bawang, dan cabe. Foto: dok Kementan

jpnn.com, SOLOK - Kementerian Pertanian (Kementan) dipimpin Direktur Jenderal Hortikultura melakukan pengecekan ketersediaan produksi sayuran utama kentang, bawang, dan cabe di Kabupaten Solok, Minggu (11/6).

Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan ketersedian komoditas pangan serta mengantisipasi peluang lonjakan harga menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan pihaknya telah sukses menjaga produksi pada bulan puasa hingga lebaran idulfitri lalu. Khususnya cabai bawang dan sayuran lainnya saya pantau stabil, tidak ada lonjakan yang signifikan.

"Ini prestasi yang menggembirakan. Saya ingin momentum Iduladha nanti tetap terkendali, dijaga dari hulu hingga hilirnya, agar produksi tidak ada yang bersoal," ujar Mentan SYL.

Sementara itu, seusai mengikuti rangkaian kegiatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-XVI, di Padang, Sumatera Barat yang dilaksanakan mulai 10-15 Juni 2023.

Dirjen Hortikultura langsung bergerak menuju Solok. Tujuannya memastikan ketersediaan produksi hortikultura terutama cabai, bawang merah dan kentang aman.

"Iya betul, Pak Menteri sudah instruksi ke kami, jadi waktu singkat di Padang ini kami manfaatkan betul untuk mengecek semua ketersediaan komoditas hortikultura di Sumbar," ujarnya.

Pemantauan langsung di lokasi, produktivitas panen kentang Solok mencapai 17 ton per hektare dengan harga Rp 8 ribu di tingkat petani.

Produktivitas cabai 12 ton/ha, dengan harga Rp 20 ribu/kg, dan bawang merah mencapai 12 ton per hektare untuk kering askip.

Kementerian Pertanian (Kementan) dipimpin Direktur Jenderal Hortikultura melakukan pengecekan ketersediaan produksi sayuran utama kentang, bawang, dan cabe.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News