Menjelang Iduladha NFA Pastikan Pasokan Pangan Aman, Harga Stabil

Menjelang Iduladha NFA Pastikan Pasokan Pangan Aman, Harga Stabil
Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi memastikan ketersediaan pasokan sejumlah komoditas pangan aman dan harga stabil. Foto: Romensy Augustino/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi memastikan ketersediaan pasokan sejumlah komoditas pangan aman dan harga stabil menjelang Iduladha.

Menurutnya, segala upaya untuk mengantisipasi lonjakan harga, pada beberapa komoditas.

“Antisipasi lonjakan harga jelang Iduladha, NFA terus nelakukan fasilitasi distribusi pangan beberapa komoditas pangan, seperti cabai, bawang, jagung, sapi,” ujar Arief, Rabu (6/7).

Selanjutnya, pada tiga pekan lalu NFA memfasilitasi distribusi cabai dari wilayah surplus di Kabupaten Wajo, Jeneponto, dan Takalar, Sulawesi Selatan ke wilayah defisit untuk memastikan pasokan cabai terpenuhi di pasar-pasar Induk Jabodetabek.

Menurutnya, distribusi cabai selain untuk mengintervensi harga juga berdampak baik bagi petani.

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Wajo harga beli cabai di tingkat petani saat ini bisa mencapai angka Rp 60 ribuan yang sebelumnya hanya di angka Rp 30 ribuan, bahkan pernah di bawah Rp 10 ribuan.

Kemudian, dari data Kabupaten Wajo tersebut, potensi areal cabai cukup besar untuk pemenuhan domestik dan berperan sebagai sumber produksi cabai untuk penguatan stok nasional.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo, hingga akhir Juni 2022, total produksi cabai Wajo mencapai 1.244 ton dengan luas tanam 377 hektare dan luas panen 972 hektare.

Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi memastikan ketersediaan pasokan sejumlah komoditas pangan aman dan harga stabil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News