Menjelang Ramadan, Kementan Tinjau Produktivitas Cabai di Magelang, Ini Hasilnya

Menjelang Ramadan, Kementan Tinjau Produktivitas Cabai di Magelang, Ini Hasilnya
Direktur Sayuran dan Tanaman Obat (STO) Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan, Andi Muhamad Idil Fitri meninjau lahan cabai di Magelang, Jawa Timur. Foto: dok Kementan

jpnn.com, MAGELANG - Direktur Sayuran dan Tanaman Obat (STO) Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan, Andi Muhamad Idil Fitri meninjau lahan cabai kelompok tani di Dusun Gono, Desa Gejagan, Magelang, Jawa Tengah.

Menurut dia, Magelang menjadi salah satu penyangga utama pasokan cabai ke Jabodetabek dan wilayah lain di Nusantara.

Oleh karena itu, produktivitas cabai dari Magelang menjadi perhatian Kementerian Pertanian (Kementan) dalam upaya menjaga inflasi akibat gejolak harga cabai yang rentan terhadap tingginya curah hujan.

"Kita turun ke lapangan untuk mengetahui seperti apa kondisi yang ada saat ini. Alhamdulillah, ini sangat baik dan berkat kerja keras petani, lahan di sini bisa terus panen, sehingga bisa diandalkan," ujar Idil, Senin (13/2).

Idil menyempatkan berdialog dengan para petani setempat terkait serangan hama atau lainnya.

Berdasarkan hasil dialog, cuaca ekstrem seperti sekarang ini sangat berdampak dengan produktivitas panen cabai petani dan peningkatan serangan virus kuning.

“Kami terus berupaya mengatasi virus kuning dengan mendorong penggunaan benih bermutu tahan virus dan cocok dikembangkan didaerah sentra,” tambah Idil.

Dia melanjutkan, pihaknya mengatur strategi pengaturan pola tanam antar sentra produksi cabai yang dibantu oleh Dinas Pertanian setempat, Champion Cabai dan para petani.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat (STO) Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan, Andi Muhamad Idil Fitri meninjau lahan cabai di Magelang, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News