Menkes Budi Memprediksi Jakarta segera Memasuki Puncak Covid-19 

Menkes Budi Memprediksi Jakarta segera Memasuki Puncak Covid-19 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkirakan bahwa laju kasus Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta akan segera mencapai puncaknya dalam waktu dekat ini. 

"Jakarta yang paling banyak kena Omicron. Kalau kata saya, Jakarta sebentar lagi sampai puncaknya," ujar Menkes Budi saat menyampaikan keterangan pers di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Rabu (29/6). 

Berkaca pada gelombang Delta yang terjadi di Indonesia pada Juli 2021, kata Budi, puncak kasus Covid-19 di tingkat populasi terjadi saat dominasi varian virus sudah di atas 80 persen dari total populasi.

"Itu terjadi di saat Delta dan subvarian Omicron BA.1 dan BA.2," katanya.

Budi mengatakan hasil penelitian genom sekuensing terhadap 1.200 lebih pasien di Jakarta, telah didominasi varian Omicron. Akan tetapi, jumlah pasien yang dirawat dan meninggal dunia relatif rendah.

"Jumlah 1.200 itu angka yang lumayan, tetapi yang masuk rumah sakit rendah hanya sepuluh pasien. Beda saat gelombang Delta yang rumah sakitnya penuh," katanya.

Dilansir dari laporan harian Satgas Penanganan Covid-19 per hari ini, DKI Jakarta menyumbang jumlah kasus tertinggi nasional mencapai 1.134 pasien. Sebanyak 709 di antaranya sembuh dan nol kematian. (antara/jpnn)

Menkes Budi Gunadi Sadikin memprediksi Jakarta segera memasuki puncak kasus Covid-19.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News