Menkes Budi Menjamin Stok Tabung Oksigen untuk Rumah Sakit Mencukupi

Menkes Budi Menjamin Stok Tabung Oksigen untuk Rumah Sakit Mencukupi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pastikan stok tabung oksigen untuk penanganan Covid-19 mencukupi. Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjamin stok dan kapasitas produksi tabung oksigen di Indonesia dapat mencukupi kebutuhan medis dalam penanganan pandemi Covid-19.

Menurut dia, kapasitas produksi oksigen di Indonesia saat ini sebesar 25 persen untuk keperluan medis dan 75 persen lainnya untuk kebutuhan industri.

Pemerintah juga telah memperoleh komitmen para produsen untuk mengalihkan kapasitas oksigen industri tersebut untuk keperluan oksigen medis.

"Karena yang kapasitas oksigen industri itu bisa diisi oleh perusahaan-perusahaan oksigen asing lainnya," kata Budi menyampaikan keterangannya secara virtual pada Jumat (25/6).

Menkes Budi juga menjelaskan terdapat satu perusahaan oksigen lokal yang memproduksi hampir 90 persen untuk rumah sakit.

Dengan komitmen tersebut, Budi memastikan kebutuhan tabung oksigen bagi rumah-rumah sakit di Indonesia akan tetap terpenuhi.

Dia memprediksi stoknya pun tetap ada meski jumlah pasien yang dirawat seiring lonjakan kasus penularan Covid-19 meningkat.

Saat ini, terdapat 9 pabrik oksigen yang ada di Pulau Jawa di mana empat di antaranya berada di Jawa Barat, satu di Jawa Tengah, dan empat lainnya di Jawa Timur.

Menkes Budi Gunadi Sadikin memastikan stok dan kapasitas produksi tabung oksigen di Indonesia dapat mencukupi kebutuhan medis dalam penanganan pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News