Menkes Budi Ungkap Rencana Penanganan Kenaikan Kasus Covid-19 di Luar Jawa

Menkes Budi Ungkap Rencana Penanganan Kenaikan Kasus Covid-19 di Luar Jawa
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bicara kenaikan kasus Covid-19 di daerah luar Jawa. Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kebijakan yang sudah diterapkan di Jawa dan Bali akan direplikasi untuk penanganan Covid-19 di daerah lainnya.

Menteri yang akrab disapa BGS itu menyebut replikasi kebijakan ini dilakukan karena perbaikan situasi Covid-19 di pulau Jawa, berbarengan dengan kenaikan kasus konfirmasi di luar Jawa.

"Kami akan lebih cepat menangani (Covid-19, red) di luar Jawa karena kami hanya akan mereplikasi saja yang sudah kami lakukan di Jawa supaya bisa lebih cepat dan kami belajar dari pengalaman bagaimana mengurangi laju penularan yang terjadi di Jawa," kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan melalui akun Kementerian Kesehatan di Youtube, Senin (2/8).

Jumlah penduduk di luar pulau Jawa yang lebih sedikit dibanding penduduk di pulau Jawa membuat data secara nasional menunjukkan penurunan kasus Covid-19.

"Buat kami di Kementerian Kesehatan, rakyat di Jawa di luar Jawa itu sama," lanjut Menkes.

Menurut Budi, salah satu alasan terjadinya kenaikan kasus Covid-19 di luar pulau Jawa ialah kurangnya disiplin protokol kesehatan.

"Itu adalah hal yang paling mudah dan paling besar dampaknya mengurangi penularan dan melindungi keluarga kita supaya tidak ke rumah sakit," ucap mantan wakil menteri BUMN itu.

Hal lain yang menjadi penyebab kenaikan kasus Covid-19 di luar Jawa ialah varian Delta yang laju penularannya lebih cepat dibanding varian sebelumnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan perbaikan situasi Covid-19 di pulau Jawa berbarengan dengan kenaikan kasus konfirmasi di luar Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News