Menkes Budi: Vaksin Covid-19 di Papua Menjelang PON XX Aman

Menkes Budi: Vaksin Covid-19 di Papua Menjelang PON XX Aman
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di Papua menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Oktober nanti aman.

“Saya juga sudah dilaporkan, butuhnya sekitar 200 ribu untuk bulan Oktober. Itu pasti bisa dipenuhi seharusnya sejak bulan Juni. Jumlah vaksinnya insyaallah cukup," kata Budi, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Kesehatan pada Jumat (16/4).

Sebelumnya Menkes Budi mengakui adanya keterbatasan vaksin karena terjadi embargo di India selaku negara produsen AstraZeneca.

Hal itu menyebabkan prioritas vaksinasi bagi lansia sebagai kelompok yang berisiko kematian dan kesakitan paling tinggi saat terpapar COVID-19.

Ketika membahas Vaksin Merah Putih, Budi mengatakan bahwa dari enam kandidat yang ada, dua kandidat akan dipersiapkan untuk dapat diproduksi pada 2022.

“Kami sudah dapat alokasi anggarannya tahun ini. Rencananya kami akan dorong supaya penelitian dan uji klinisnya lebih cepat, sehingga di 2022 salah satu dari mereka sudah terlaksana,” ujar Budi. (mcr9/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Budi Gunadi Sadikin memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 menjelang PON XX di Papua aman.


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News