Menkes Ingin Pengobatan Tradisional Dikembangkan di Solo

Menkes Ingin Pengobatan Tradisional Dikembangkan di Solo
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat mengunjungi RSUD Bung Karno Surakarta. Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha

jpnn.com, SOLO - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menggagas pengembangan pengobatan tradisional di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno Solo.

"Pengobatan tradisional merupakan kearifan lokal yang bisa ditonjolkan dan ini bisa mendunia," katanya saat mengunjungi RSUD Bung Karno Solo, Jumat.

Ia mengatakan, pengobatan tradisional juga bisa menjadi medical tourism untuk kemudian dikembangkan.

"Siapa tahu dari riset tradisional bisa untuk penanganan COVID-19 dan sebagainya. Di situlah kita mau memodernisasi pengobatan tradisional sebagai sebuah ikon yang baik," katanya.

Mengenai pusat pengobatan tradisional tersebut, Terawan berharap bisa menjadi tempat untuk pelayanan, pengembangan, riset, dan teknologi.

Terkait hal itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyambut baik. Ia mengatakan Kementerian Kesehatan akan mendukung penuh pengembangan RSUD sebagai pusat pengobatan tradisional.

"Termasuk didukung SDM-nya. Sekalian mau singgah ke Tawangmangu (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Kemenkes)," katanya.

Ia mengatakan dengan pengembangan tersebut, artinya pengobatan tradisional bisa mendukung pengobatan modern, tidak seperti saat ini pengobatan modern justru mendukung tradisional.

Menkes Terawan Agus Putranto menggagas pengembangan pengobatan tradisional di RSUD Bung Karno Solo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News