Menkeu Baru Harus Bisa Kuasai Makro

Menkeu Baru Harus Bisa Kuasai Makro
Menkeu Baru Harus Bisa Kuasai Makro
JAKARTA  - Pengamat ekonomi Umar Juoro mengharapkan, Menteri Keuangan yang baru nanti memiliki penguasaan makro ekonomi dan wawasan global yang cukup. "Presiden SBY mesti memilih orang yang tepat sebagai Menkeu baru dengan penguasaan makro ekonomi yang mumpuni dan eskposur internasional yang cukup," kata Juoro di Jakarta, Minggu (2/10).

   

Menurut dia, kriteria tersebut menjadi penting bagi seorang Menkeu baru mengingat kondisi perekonomian suatu negara kini makin bergantung pada negara lain dan bersifat global.

   

Hal senada dikemukakan Kepala Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa, dan pengamat pasar modal, Yanuar Rizky. "Penguasaan makronya harus cukup," kata Purbaya.

   

Apalagi, lanjut Yanuar, kondisi perekonomian global sekarang ini sedang terguncang krisis di Amerika Serikat dan Eropa. Karenanya, Presiden mesti memilih Menkeu yang bisa membawa Indonesia terhindar dari krisis finansial global dengan tetap menjaga momentum pertumbuhan ekonomi. "Menkeu baru mesti mengerti risiko global bagi bangsanya," ujarnya.

   

JAKARTA  - Pengamat ekonomi Umar Juoro mengharapkan, Menteri Keuangan yang baru nanti memiliki penguasaan makro ekonomi dan wawasan global yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News