Menkeu Optimis Ekonomi Negara Membaik

Menkeu Optimis Ekonomi Negara Membaik
Menkeu Optimis Ekonomi Negara Membaik
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengaku optimis bahwa keuangan negara akan semakin membaik dalam beberapa tahun ke depan. Kepada wartawan, Selasa (25/5), di Jakarta, Agus mengatakan bahwa saat ini total utang, baik dalam dan luar negeri yang berjumlah Rp 1.558 triliun, optimis akan dikelola dengan sebaik-baiknya karena kondisi ekonomi Indonesia saat ini juga sangat baik.

"Kebutuhan pembiayaan 2010 itu, sudah 50 persen-nya kami peroleh. Dan kami masih punya cadangan-cadangan dalam bentuk standby loan, dalam bentuk pinjaman yang siap diberikan multilateral agency. Jadi saya sangat optimis dengan postur APBN tahun ini," kata Agus.

Dikatakan Agus, dari hasil pertemuan perdananya dengan kalangan legislatif di DPR RI, pemerintah diharapkan untuk dapat menaikkan pertumbuhan ekonomi (PE), menaikkan penerimaan negara dari pajak (tax ratio), serta kegiatan belanja pemerintah bisa lebih efektif agar bisa mensejahterakan rakyat banyak. "Mengenai keinginan agar suku bunga turun, kami tentu akan bekerjasama dengan BI untuk mempelajari kemungkinan kondisi yang lebih kondusif, agar tingkat suku bunga bisa turun," kata mantan Dirut Bank Mandiri ini pula.

Namun khusus untuk menstabilkan suku bunga, Agus menyatakan bahwa faktor utama yang menentukan tetap adalah inflasi. Di mana sesuai asumsi dalam APBN 2011, inflasi yang digunakan 5,3 persen. "Jadi mungkin kalau BI rate kita tentukan 6,5 persen. Jadi, untuk kemungkinan tingkat suku bunga, yang mesti kami kendalikan adalah inflasi, dan juga inefisiensi. Karena yang menjadi sorotan itu adalah bagaimana agar infrastruktur menjadi baik," katanya.

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengaku optimis bahwa keuangan negara akan semakin membaik dalam beberapa tahun ke depan. Kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News