Menkeu Sebut Rupiah Bakal Makin Melemah

Menkeu Sebut Rupiah Bakal Makin Melemah
Menkeu Sebut Rupiah Bakal Makin Melemah
JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo memperkirakan nilai tukar rupiah ke depan akan sedikit mengalami pelemahan. Hal ini akibat krisis ekonomi global yang membuat kinerja impor lebih tinggi dibanding ekspor.

"Kami melihat exchange rate itu akan sedikit lebih lemah dibandingkan pada enam bulan lalu, karena kita lihat defisit nerava perdagangan dan impor lebih besar dari ekspor di bulan-bulan terakhir,"ujar Agus di Jakarta, Selasa (5/6).

Menurutnya, pelemahan nilai tukar rupiah tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja ekspor dan menekan impor yang tidak prioritas, maupun meningkatkan daya saing yang lebih tinggi. Namun Agus belum bersedia menjelaskan realisasi nilai tukar rupiah saat ini.

Alasannya, nilai tukar dolar AS dalam APBN-P 2012 dipatok pada level Rp 9.000,-. “Saya belum bisa menyampaikan karena dalam laporan bulanan baru bisa menyampaikan,” tambahnya.

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo memperkirakan nilai tukar rupiah ke depan akan sedikit mengalami pelemahan. Hal ini akibat krisis ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News