Menko Airlangga Beber 3 Mesin Ekonomi untuk Capai Target Pertumbuhan, Simak

Menko Airlangga Beber 3 Mesin Ekonomi untuk Capai Target Pertumbuhan, Simak
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto terus menggaungkan optimisme bagi ketangguhan perekonomian nasional. Foto: dok: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto terus menggaungkan optimisme bagi ketangguhan perekonomian nasional melalui optimalisasi kontribusi guna meningkatkan pertumbuhan dan menjaga ketahanan ekonomi nasional.

Hal itu diungkapkan Airlangga Hartarto dalam Seminar Nasional Outlook Perkonomian Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Jumat (22/12).

Dia menjelaskan pentingnya untuk menggerakkan dan memaksimalkan tiga mesin ekonomi agar bisa terus berfungsi secara berkesinambungan ke depannya dalam mencapai target pertumbuhan.

“Kita tidak boleh berpuas diri, kita perlu menggerakkan, memaksimalkan tiga mesin ekonomi untuk terus berfungsi ke depan,“ ujar Menko Airlangga.

Mesin ekonomi konvensional perlu direvitalisasi dan diperbesar kapasitasnya, sehingga mampu mendorong peningkatan produktivitas yang tinggi, memperbesar investasi baru, dan meningkatkan ekspor.

Selanjutnya, mesin ekonomi baru yang nantinya akan berfungsi sebagai akselerator pertumbuhan di masa depan, seperti penerapan aplikasi digital dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam berbagai sektor ekonomi, pengembangan industri semikonduktor, serta pengembangan ekonomi hijau dan energi terbarukan.

“Jadi, tiga hal itu menjadi penting untuk terus didorong ke depan. Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil meredam gejolak fluktuasi dari berbagai krisis geopolitik, kemudian climate change, dan menggunakan APBN sebagai shock absorber,“ tuturnya.

Dia menambahkan seluruh stakeholders diharapkan dapat terus memaksimalkan kontribusi guna meningkatkan pertumbuhan dan menjaga ketahanan ekonomi nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto terus menggaungkan optimisme bagi ketangguhan perekonomian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News