Menko Airlangga Bertemu Perwakilan Parlemen Eropa, Ada Kabar Baik soal IEU-CEPA

Menko Airlangga Bertemu Perwakilan Parlemen Eropa, Ada Kabar Baik soal IEU-CEPA
Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga bertemu dengan perwakilan parlemen Eropa membahas IEU-CEPA. Foto: Dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Kemenko Perekonomian menerima kunjungan Committee for International Trade (INTA) Parlemen Eropa sebagai tindak lanjut dari kunjungan Joint Mission Indonesia dan Malaysia ke Uni Eropa di Brussels, Belgia, pada Mei 2023 lalu di Jakarta, Senin (19/6).

Adapun pertemuan Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dengan perwakilan parlemen Eropa untuk membahas rencana ke depan dari misi bersama tersebut.

Di samping itu terkait percepatan penyelesaian Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Dalam pembahasan tentang digital trade, Airlangga menjelaskan bahwa salah satu prioritas Keketuaan ASEAN 2023 Indonesia untuk sektor digital adalah melalui Digital Economy Framework Agreement (DEFA).

“Harapannya platform digital trade dapat menjadi faktor pendorong ekonomi inklusif serta mendukung pelaku usaha kecil dan menengah untuk dapat turut serta dalam perdagangan global,” ujar Menko Airlangga.

Menko Airlangga juga berbagi lesson learned tentang upaya ketahanan pangan Indonesia di tengah isu perubahan iklim dan dukungan Uni Eropa untuk tindak lanjut komitmen kerja sama Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) yang diluncurkan negara G7 untuk upaya transisi energi Indonesia.

Pertemuan kali ini juga menekankan kembali komitmen kedua Kepala Negara untuk dapat mempercepat penyelesaian perundingan IEU-CEPA dengan target penyelesaian pembahasan substansi pada akhir 2023.

Menurut Airlangga percepatan penyelesaian Perundingan IEU-CEPA tergantung dari kesamaan pandangan dan posisi dari kedua pihak, harapannya bahwa implementasi perjanjian ekonomi yang komprehensif ini akan membuka peluang investasi yang lebih luas.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga bertemu dengan perwakilan parlemen Eropa membahas IEU-CEPA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News