Menko Airlangga Luncurkan Buku Putih Stranas Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030

Menko Airlangga Luncurkan Buku Putih Stranas Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi meluncurkan Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030 di Jakarta, Rabu (6/12). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi meluncurkan Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030 di Jakarta, Rabu (6/12).

Buku tersebut akan menjadi pedoman bagi kementerian atau lembaga dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan ekonomi digital serta menjadi rujukan dalam menentukan posisi Indonesia di dunia internasional.

Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital juga merupakan agenda transformasi digital nasional.

"Ini sejalan dengan Digital Economy Framework Agreement (DEFA) yang didorong Indonesia untuk menjadi satu-satunya ekosistem perjanjian perdagangan dunia yang ada di sektor digital," ujar Menko Airlangga dalam keterangannya, Jumat (8/12).

Dia menyampaikan pemerintah menyiapkan tiga fase dalam mengembangkan ekonomi digital hingga 2045 mendatang.

Pertama, fase prepare yang dimulai dengan perbaikan pondasi digital dasar guna memastikan masyarakat siap bertransformasi.

Kedua, Fase Transforms sebagai upaya percepatan transformasi guna menciptakan masyarakat dan bisnis yang cerdas, serta Fase Lead dengan mulai menetapkan standar dalam teknologi inovasi di masa mendatang.

Lebih lanjut Menko Airlangga mengatakan, untuk mendorong Indonesia ke tahap Lead pada 2045 mendatang terdapat sejumlah aspirasi target yang telah ditetapkan.

Menko Airlangga resmi meluncurkan Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030 di Jakarta, Rabu (6/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News