Menko Airlangga Sebut Peserta Program Kartu Prakerja Calon Pahlawan

Menko Airlangga Sebut Peserta Program Kartu Prakerja Calon Pahlawan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan peserta program Kartu Prakerja berpotensi menjadi Pahlawan Kebangkitan Nasional. Alasannya, menurut Airlangga, di tengah kondisi sulit seperti pandemi Covid-19 saat ini, Indonesia membutuhkan ujung tombak orang-orang yang mau berubah, bangkit, dan mau memberikan manfaat kepada orang lain.

“Mengapa saya menyebut para peserta Kartu Prakerja, berpotensi menjadi Pahlawan Kebangkitan Nasional? Kita butuh orang-orang yang mau berubah, mau untuk bangkit, dan mau meningkatkan skill dengan mengikuti pelatihan, mau menerima tantangan, serta mau memberikan manfaat kepada orang lain. Dan saya yakin, semua yang mengikuti Kartu Prakerja, memiliki semangat itu dalam dirinya,” ujar Airlangga dalam video sambutan Hari Kebangkitan Nasional yang diunggah akun instagram @prakerja.go.id.

Ketua Komite Penanganan COVID?19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengatakan kunci kesuksesan program bukan hanya pada penyelenggaraan dan pemerintah. Tapi, kata Airlangga, kunci kesuksesan program ini ada pada penerima Kartu Prakerja.

“Program ini secara esensi tidak bisa dinilai dari jumlah penerima, atau berapa bantuan yang sudah digelontorkan. Tapi lebih lebih kepada perubahan yang berhasil diciptakan oleh Penerima. Jika program ini berhasil menciptakan perubahan pada diri penerima, maka baiklah hasilnya,” katanya.

Airlangga juga menanggapi hasil survei Cyrus Network terhadap penerima Kartu Prakerja yang baru dirilis hari ini. Airlangga mengapresiasi atas capaian dari program Kartu Prakerja dimana terjadi penurunan jumlah pengangguran setelah mengikuti program Kartu Prakerja.

“Saya hari ini mendapat kabar, Hasil survei Lembaga yang independen terhadap penerima Kartu Prakerja yang dirilis hari ini, mengkonfirmasi bahwa animo masyarakat yang sangat tinggi juga diikuti kepuasan terhadap pelayanan dan manfaat dari Kartu Prakerja,” ujar Arilangga.

“Alhamdulillah juga terjadi penurunan jumlah pengangguran setelah mengikuti program Kartu Prakerja. Terjadi peningkatan cukup besar di kelompok wirausaha, yang naik 13 % setelah menerima Program Kartu Prakerja,” sambungnya.

Naiknya jumlah wirausahawan ini menurut Airlangga, sudah sesuai dengan sasaran yang dituju program Kartu Prakerja. Airlangga berharap dengan semakin banyaknya wirausahawan, apalagi jika usahanya berkembang, akan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Airlangga juga menanggapi hasil survei Cyrus Network terhadap penerima Kartu Prakerja yang baru dirilis hari ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News