Menko Muhadjir: Besok, Arus Balik Kendaraan Hanya 140 Ribu, Lancar!

Menko Muhadjir: Besok, Arus Balik Kendaraan Hanya 140 Ribu, Lancar!
Menko PMK Muhadjir Effendy kembali blusukan mengecek kesiapan penerimaan arus balik di ruas Tol Cikampek, pada Jumat malam (28/4). Foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Jelang arus balik lebaran gelombang kedua pada 29 April - 1 Mei, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kembali blusukan mengecek kesiapan penerimaan arus balik di ruas Tol Cikampek, Jumat malam (28/4). 

Beberapa titik dikunjungi Menko PMK, yaitu di KM 29 Command Center Korlantas Polri, KM 72 Cikampek Utama Kantor Jasa Marga, dan Jasa Marga Toll Command Center.

Dari beberapa titik itu, Menko Muhadjir mendapatkan bahwa arus balik kendaraan selama masa lebaran di ruas tol Trans Jawa, khususnya yang melalui Tol Cikampek menuju Jabodetabek relatif stabil dan tidak terjadi lonjakan parah. 

Dia memaparkan, sejauh ini jumlah kendaraan yang menuju Jabodetabek selama masa arus balik relatif stabil dan merata, yaitu berkisar 100 ribu kendaraan per harinya. 

Lebih lanjut, Menko PMK menerangkan, berdasarkan data Korlantas Polri dan Jasa Marga, sampai saat ini arus balik kendaraan menuju Jabodetabek tertinggi sudah terjadi pada H 2 lebaran atau pada 25 April, yaitu sebanyak 159.585 kendaraan. 

Menurut Menko Muhadjir lancarnya arus kendaraan pada masa arus balik lebaran adalah berkat dari berbagai skema kebijakan yang telah dilakukan pemerintah, seperti anjuran pemerintah, pemberian diskon tol, pemberlakuan skema  one way, contra flow, dan rekayasa lalu lintas lainnya.

"Alhamdulillah dengan berbagai macam kebijakan yang kita buat maka kecenderungannya memang arus balik sangat landai. Artinya dari semua hari diisi dengan volume kendaraan yang relatif rata," jelasnya. 

Lebih lanjut, menurut Menko Muhadjir, puncak arus balik gelombang kedua pada 30 April nantinya tidak akan sebanyak pada puncak arus balik pertama pada H 2 lebaran.

Menko Muhadjir: Effendy memperkirakan besok, arus balik kendaraan hanya 140 ribu, sehingga dipastikan lancar 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News