Menko PMK Beberkan Kunci Penangan Stunting, Mulai dari Hulu

Menko PMK Beberkan Kunci Penangan Stunting, Mulai dari Hulu
Menko PMK Muhadjir Effendy membeberkan hakikat pembangunan nasional yakni membangun manusia Indonesia seutuhnya dan menyeluruh. Foto: dok Menko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membeberkan hakikat pembangunan nasional yakni membangun manusia Indonesia seutuhnya dan menyeluruh.

Konsep pembangunan manusia dilaksanakan mengikuti siklus hidup manusia, dari masa anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia.

Hal itu disampaikan Muhadjir saat memberikan sambutan pada acara Gebyar Bina Keluarga Balita Untuk 1.000 Hari Pertama Kehidupan di Auditorium BKKBN Jakarta, Selasa (12/12).

Muhadjir menjelaskan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang kuat, sehat, produktif, dan berkarakter, maka upaya pembangunan manusia harus diawali dari pengasuhan keluarga yang benar dan optimal, yang dimulai sejak 1.000 Hari Pertama Kehidupan. 

Permasalahan yang dihadapi dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan salah satunya adalah stunting. 

Stunting tidak hanya soal kekurangan gizi saja, tetapi masalah kebersihan dan sanitasi juga penting untuk mengentaskan stunting.

"Tugas dari ibu dan bapak sekalian harus betul-betul bisa menjadi kader keluarga berencana yang memahami secara detail ketika dia harus melayani masyarakat, menjadi Ibu dan bapak pembelajar," ucap Muhadjir seperti dikutip Minggu (17/12).

Oleh karena itu, Muhadjir meminta seluruh pemangku kepentingan dapat saling bahu membahu mengentaskan stunting di Indonesia. 

Menko PMK Muhadjir Effendy membeberkan hakikat pembangunan nasional yakni membangun manusia Indonesia seutuhnya dan menyeluruh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News