Menko PMK: Peduli Anak-Anak Bisa Jadi Resep Awet Muda

Menko PMK: Peduli Anak-Anak Bisa Jadi Resep Awet Muda
Menko PMK Puan Maharani bersama dua pelajar sekolah dasar dalam acara perayaan Hari Anak Nasional di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram, NTB, Sabtu (23/7). Foto: Kemenko PMK for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA -  Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani tak henti-hentinya mengajak semua kalangan untuk benar-benar menyayangani dan melindungi anak-anak. Menurut dia, menyayangi anak-anak justru bisa menjadi salah satu cara untuk tetap awet muda.

Puan mengatakan hal itu dalam acara  perayaan Hari Anak Nasional di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu ( 23/7). Dalam acara itu juga dibarengi dengan peluncuran 17 juta Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan 92 juta Kartu Indonesia Sehat (KIS) guna menjamin anak-anak kurang mampu agar bisa tetap bersekolah dan mendapat akses layanan kesehatan.

“Kita harus mau menjadi pelindung bagi anak-anak Indonesia. Resep awet muda, salah satunya adalah peduli terhadap anak-anak,” ujar Puan sebagaimana siaran pers Kemenko PMK.

Tema perayaan Hari Anak Nasional kali ini adalah Stop Kekerasan Terhadap Anak. Lokasi perayaannya pun berbeda dari sebelumnya.

Kali ini, lokasi perayaan Hari Anak Nasional adalah Lapangan Sangkareang, Kota Mataram. “Ini adalah peringatan Hari Anak Nasional pertama yang dilakukan di luar kompleks Istana Negara,” ujarnya.

Mantan ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR itu juga berharap agar tema pada Hari Anak Nasional kali ini benar-benar memotivasi semua kalangan untuk melindungi dan manjamin hak anak-anak. Ia menegaskan, anak-anak punya hak untuk bermain, mendapat perlindungan, menikmati pendidikan yang layak, memiliki  indentitas dan alamat yang jelas, serta hak untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang sehat.

Dalam kesempatan itu pula Puan mengampanyekan Gerakan Bersama Lindungi Anak (Gerakan Berlian). Kampanye Gerakan Berlian diwujudkan dengan payung merah putih sebagai simbol perlindungan dari panas dan hujan.

“Payungnya merah putih. Artinya, Indonesia melindungi seluruh anak Indonesia,” katanya di acara yang juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News