Menko PMK Sebut Kewirausahaan Jadi Cara Konkret Atasi Minimnya Lapangan Kerja

Menko PMK Sebut Kewirausahaan Jadi Cara Konkret Atasi Minimnya Lapangan Kerja
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai kewirausahaan menjadi alternatif lapangan pekerjaan. Foto: dok Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai kewirausahaan tak hanya sebagai alternatif lapangan pekerjaan.

Namun, saat ini kewirausahaan menjadi arus utama kebijakan pemerintah.

Sebab, kewirausahaan mendorong dunia usaha dan dunia kewirausahaan berkembang pesat di Indonesia.

Hal itu disampaikan saat menjadi narasumber dalam agenda Seminar Nasional dengan tema “Peluang dan Tantangan Pendidikan Kewirausahaan di Era Merdeka Belajar” yang digelar oleh Universitas Negeri Malang, pada Sabtu (9/9).

Menurut Menko PMK, ketersediaan lapangan pekerjaan formal untuk para angkatan kerja masih sangat terbatas dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan.

“Tidak ada pilihan lain, harus betul-betul secara sistemik menyiapkan anak-anak muda, generasi milenial dan generasi Z ini siap untuk mengambil risiko dan juga siap untuk mandiri memajukan Indonesia di dunia kerja,” ujar Muhadjir.

Pemerintah telah menyiapkan berbagai macam skema untuk mengatasi persoalan tersebut, salah satunya melalui skema kartu prakerja.

Melalui program itu, angkatan kerja tidak hanya diasah kemampuan dan keterampilan dalam bidangnya masing-masing, tetapi juga dapat belajar mengolah dan memasarkan produk yang dihasilkan untuk berwirausaha.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai kewirausahaan menjadi alternatif lapangan pekerjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News