Menko PMK Titip Pesan buat Mahasiswa; Siapkan Diri jadi Pemimpin!

Menko PMK Titip Pesan buat Mahasiswa; Siapkan Diri jadi Pemimpin!
Menko PMK Puan Maharani (belakang-tiga kanan) foto bersama mahasiswa penerima beasiswa di UNS. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - SOLO - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengingatkan para mahasiswa untuk selalu tekun dalam belajar, dan mempersiapkan diri menjadi pemimpin bangsa Indonesia ke depan.

“Bermimpilah untuk menjadi pemimpin bangsa ini. Masa depan bangsa Indonesia ada di tangan adik-adik sekalian. Raihlah mimpimu. Mimpi tidak berarti Anda mengkhayal atau berhalusinasi, tetapi Anda punya kesempatan untuk meraihnya dalam kenyataan,” kata Puan.

Menko PMK mengatakan hal tersebut saat menemui mahasiswa penerima beasiswa dari pemerintah, yang tersebar di seluruh Indonesia di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/8). 

Mahasiswa tersebut terdiri dari penerima beasiswa Bidikmisi (beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi), ADIK (Afirmasi Pendidikan) Papua, Daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) dan PPG (Program Pendidikan Guru).
 
Dalam kesempatan tersebut, Puan Maharani didampingi oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir dan Rektor UNS, Ravik Karsidi. 

Menurut Puan, di era sekarang, generasi muda harus pandai menggunakan teknologi dan memanfaatkan informasi dengan sebaik mungkin. Akses untuk mendapat informasi saat ini sangat mudah karena jaringan internet sudah menjangkau ke mana-mana. Namun demikian, jangan sampai lupa dengan kebiasaan membaca buku.

"Budayakan kebiasaan membaca. Banyak hal bisa ditemukan dengan teknologi informasi saat ini. Tapi ingat, ada banyak hal yang kita dapatkan dengan membaca buku. Banyak tulisan tokoh-tokoh berpengaruh di masa lalu tak bisa ditemukan lewat internet. Jadi, harus tetap budayakan untuk membaca buku,” jelasnya.

Sementara M Nasir menegaskan para penerima beasiswa yang meraih nilai terbaik di kampusnya dipersilakan mengajukan beasiswa lanjutan jika ingin meneruskan studi. “Carilah sekolah terbaik di dunia, di mana saja. Negara akan biayai," kata M Nasir.
 
Ia mengatakan para mahasiswa berpretasi tidak boleh putus sekolah hanya karena masalah uang kuliah. Pemerintah, katanya, akan selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mahasiswa berprestasi. “Karena itu, kita upayakan agar anggaran untuk beasiswa berprestasi kita bisa tingkatkan lagi ke depan,” kata mantan Rektor Universitas Dipongoro tersebut. (adk/jpnn)


SOLO - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani mengingatkan para mahasiswa untuk selalu tekun dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News