Menko Puan Percepat Penanganan Dampak Gempa di Lombok

Menko Puan Percepat Penanganan Dampak Gempa di Lombok
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dalam rapat di kantornya, Jumat (23/3). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan turut berdukacita atas jatuhnya korban jiwa akibat gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saya turut berdukacita atas jatuhnya korban jiwa akibat gempa di NTB yang terjadi hari Minggu 5 Agustus 2018. Semoga seluruh masyarakat NTB diberikan kekuatan oleh Allah SWT untuk menghadapi ujian ini,” urai Menko Puan.

Terkait Gempa Bumi di NTB, Menko PMK mengkoordinasikan percepatan penanganan dampak bencana, yang saat ini telah menerjunkan tim gabungan pusat dan daerah, terdiri dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI/Polri, dan Pemerintah Daerah.

Selain upaya pencarian korban, evakuasi dan penyelamatan korban, Menko PMK menyatakan bahwa telah dibuka Rumah Sakit Lapangan yang memberikan layanan 24 jam di beberapa kota (Mataram, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Tengah), pembangunan tenda pengungsian dan penyaluran logistik.

Ditambahkannya, pemerintah juga menyediakan pusat trauma healing kepada para korban selamat di pengungsian.

“Saya sudah minta agar Kemensos menyediakan trauma healing dan tadi malam (Minggu, 5 Agustus), telah diberangkatkan Tim Layanan Dasar Psikososial dari Kemensos yang bergabung dengan Tim Psikososial Mabes TNI yang sudah tiba sebelumnya,” ujar Menko PMK.

Menko Puan menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait agar memberikan pelayanam dan penanganan bagi para korban dengan cepat sesuai kebutuhan dan kondisi di lapangan.

“Saya terus koordinasikan penanganan korban bencana gempa bumi yang terjadi di NTB dan telah memerintahkan lembaga terkait baik di pusat maupun di daerah untuk memberikan bantuan yang cepat bagi para korban,” tambah Menko Puan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan turut berduka atas jatuhnya korban jiwa akibat gempa Lombok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News