Menkominfo Ingin BBPPT Memaksimalkan Penggunaan TKDN

Menkominfo Ingin BBPPT Memaksimalkan Penggunaan TKDN
Menkominfo Johhny G Plate meminta BBPPT memaksimalkan penggunaan TKDN. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Pembangunan Balai Besar Pusat Pengujian Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan upaya Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengintegrasikan Indonesia menjadi bagian dari transformasi digital global.

"Walaupun kami sebagai konsumen teknologi TIK, tetapi kami harus memaksimalkan peran TKDN dan konten lokal dengan sebesar-besarnya," kata Johnny dalam keterangan persnya, Kamis (17/3).

BBPPT adalah pintu masuk bagi gawai-gawai yang masuk dari luar negeri yaitu sebagai tempat pengujian sebelum perangkat tersebut dipasarkan di Indonesia.

Oleh karena itu, BBPPT diharapkan mampu mengintegrasikan standar perangkat digital sesuai dengan acuan internasional.

Selain itu, BBPPT juga menguji produk lokal yang akan diekspor dan memberikan sertifikat untuk perangkat yang lolos standardisasi.

Kemudian, produk akan mendapatkan sertifikasi dari Indonesia, perangkat juga harus memenuhi standar global dan negara tempat ia dipasarkan.

"Kerja sama dalam jaringan laboratorium global juga perlu dilakukan dengan berbagai negara di dunia ini. Kita tidak hidup sendirian, kami bekerja di dalam jaringan. Mari bangun relasi," kata Menkominfo.

Menkominfo Johhny G Plate meminta BBPPT memaksimalkan penggunaan TKDN. Simak selengkapnya!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News