Menkominfo Sebut Presiden Ingin SPBE Efektif Diterapkan

Menkominfo Sebut Presiden Ingin SPBE Efektif Diterapkan
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Humas Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyambut positif Kemenkominfo tercatat sebagai lembaga dengan indeks tertinggi dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2021.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar pemerintah menghadirkan pelayanan publik yang transparan, cepat dan efektif.

"Salah satunya dengan penerapan SPBE atau e-government agar pelayanan kepada masyarakat dapat berlangsung lebih baik,” ujar Menteri Johnny dalam keterangannya, Kamis (30/12).

Menurut Menteri Johnny, dalam peta jalan Indonesia Digital 2021-2024, terdapat empat sektor strategis akselerasi tranformasi digital, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

Empat sektor strategis dimaksud yakni infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

“Kominfo sendiri, secara khusus mengambil tugas dan fungsi sebagai Government Chief Technology Officer yang diatur di dalam Perpres SPBE. Kominfo mempunyai tugas dan fungsi pada pengembangan pusat data nasional," ucapnya.

Sebelumnya, KemenPAN-RB bersama asesor eksternal telah melakukan verifikasi, validasi dan penilaian pelaksanan SPBE.

Hasilnya, Kemenkominfo tercatat di angka indeks SPBE 3,82 dari skala 1-4, atau masuk kategori sangat baik.

Menkominfo menyebut Presiden Joko Widodo ingin SPBE efektif diterapkan, agar tujuan ini tercapai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News