Menkominfo Terus Pantau ELT AirAsia QZ8501

Menkominfo Terus Pantau ELT AirAsia QZ8501
Rudiantara. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara menyatakan pihaknya terus membantu Basarnas untuk memantau sinyal Emergency Locator Transmitter (ELT) milik pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di perairan sekitar Kalimantan Tengah.

Pantauan itu dilakukan melalui empat Unit Pelayanan Teknis (UPT) selama 24 jam di frekuensi 243 MHz dan 401 MHz. Di antaranya UPT di Pontianak, Bangka-Belitung, Batam, dan Riau.

"Belum ada sinyal ELT, sampai sekarang enggak ketemu. Kominfo kan aktifkan di Pontianak, Bangka Belitung, Batam, dan Riau. Diperkirakan jatuh di situ kan. Sampai sekarang kita pantau," ujar Rudiantara di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (2/1).

Rudiantara menjelaskan, ‎243 MHz dan 401 MHz merupakan frekuensi khusus untuk penunjuk transmisi darurat. Sebetulnya sinyal itu ditujukan ke satelit.

Namun, masih bisa dideteksi melalui terestrial. Selama Basarnas masih membutuhkan bantuan itu, ujar Rudiantara, pihaknya akan terus melakukan pemantauan. "Selama Basarnas ada kita akan terus pantau terus di situ. Lapornya ke Basarnas," tandas Rudiantara. (flo/jpnn)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara menyatakan pihaknya terus membantu Basarnas untuk memantau sinyal Emergency Locator


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News