Menkumham Jelaskan Sistem Pemeringkatan Seleksi CPNS 2017

Menkumham Jelaskan Sistem Pemeringkatan Seleksi CPNS 2017
Menkumham Yasonna H Laoly. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly merasa perlu merespons polemik tentang Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 24 Tahun 2017 yang merevisi PermenPAN-RB Nomor 22 Tahun 2017 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS 2017.

PermenPAN-RB Nomor 24 Tahun 2017 memuat penyesuaian untuk formasi penjaga tahanan atau sipir dalam Seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Menurut Menkumham, para CPNS harus memahami bahwa pekerjaan sebagai sipir menuntut integritas, kecerdasan dan kesiapan jasmani maupun rohani.

“Adik-adik SMA yang baru lulus dan melamar CPNS menjadi sipir harus mengetahui kerjanya bukan pakai dasi. Melainkan, harus menjaga keamanan lapas dan rutan 24 jam. Tahu kerjaannya seperti apa, apa bisa tahan menghadapi tahanan. Silakan lihat video Srikandi Kemenkumham apa saja tugas sipir-sipir perempuan itu,” ujarnya di Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Senin (9/10).

Selain itu, penerbitan PemenPAN-RB Nomor 24 Tahun 2017 dalam seleksi CPNS Kemenkumham juga disebabkan banyak peserta yang tidak memenuhi syarat 3 kali formasi nilai passing grade. Karena itu, digunakan cara pemeringkatan guna memenuhi kuota 14.000 penjaga tahanan sekaligus memberikan rasa keadilan kepada putra daerah untuk menjadi PNS di daerahnya sendiri.

Menkumham memandang hal itu menjadi peringatan juga kepada daerah supaya lebih perhatian pada sektor pendidikan. Sebab, banyak lulusan SMA gagal memenuhi computer assisted test (CAT). Padahal, pemerintahan sekarang sudah menggunakan CAT untuk menyaring pegawai yang memiliki kompetensi tinggi.

Kemenkumham juga sudah menerapkan CAT untuk seleksi masuk Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) dan Akademi Imigrasi (AKIM). “Dan untuk naik pangkat di Kemenkumham sudah menggunakan juga tes CAT. Apa boleh buat, demi menyaring pegawai berkualitas,” tutur Yasonna menjelaskan.

Menkumham Jelaskan Sistem Pemeringkatan Seleksi CPNS 2017

Menteri Yasonna pun menjamin proses seleksi CPNS Kemenkumham 2017 sudah berjalan dengan adil dan objektif. Dia bahkan tak akan segan-segan bertindak tegas jika ada oknum Kemenkumham yang berbuat culas dengan menjadi calo.

Menkumham Yasonna H Laoly menjamin proses seleksi CPNS Kemenkumham 2017 berjalan adil dan objektif. Dia bahkan akan menindak anak buahnya yang menjadi calo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News