Menlu Amerika Bicara Virus Corona dan Pembalasan terhadap Tiongkok

Menlu Amerika Bicara Virus Corona dan Pembalasan terhadap Tiongkok
Menlu AS Mike Pompeo memastikan negaranya tak tertarik berperang dengan Iran. Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengisyaratkan bahwa pihaknya akan membalas kelalaian Tiongkok dalam menangani wabah virus corona. Namun, pembalasan itu tidak akan datang dalam waktu dekat.

Pompeo, yang berpidato pada konferensi pers Gedung Putih, Kamis (9/10), mengatakan bahwa Amerika Serikat telah memulangkan 50.000 warganya yang terdampar di seluruh dunia karena beragam pembatasan terkait virus corona.

Pada kesempatan itulah, seorang jurnalis menanyakan tentang konsekuensi bagi Tiongkok yang oleh pemerintahan Trump dituding lambat dalam melaporkan krisis virus corona di Wuhan.

Menurut Pompeo, saat ini masih terlalu dini untuk berbicara mengenai retribusi. "Ini bukan waktunya untuk pembalasan. Tetapi ini masih waktunya untuk kejelasan dan transparansi," ujar dia.

Amerika Serikat kini menjadi negara yang paling parah terdampak virus corona dengan 462 ribu lebih kasus dan 95 ribu kematian. Angka tersebut jauh di atas Tiongkok yang melaporkan 82.883 kasus dan 3.339 kematian. (ant/dil/jpnn)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengisyaratkan bahwa pihaknya akan membalas kelalaian Tiongkok dalam menangani wabah virus corona


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News