Menlu China Kumpulkan Para Dubes ASEAN di Beijing, Ada Pesan dari Xi Jinping

Menlu China Kumpulkan Para Dubes ASEAN di Beijing, Ada Pesan dari Xi Jinping
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu para duta besar dari negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Beijing.

Presiden Xi Jinping terus menjalin komunikasi dan saling mendukung para pemimpin di ASEAN untuk meningkatkan konsolidasi dan kerja sama bilateral, demikian menurut Wang di Beijing, Senin.

Menurut Wang, China akan terus memberikan dukungan vaksin kepada negara-negara ASEAN sampai pandemi COVID-19 benar-benar berakhir.

China dan ASEAN, lanjut dia, senantiasa menempatkan isu Laut China Selatan (LCS) pada posisi yang tepat dalam hubungan bilateral.

Wang berharap para pihak memanfaatkan momentum peringatan 20 tahun deklarasi tentang perilaku para pihak di LCS (DOC) pada tahun depan dengan meningkatkan konsultasi tentang kode etik di LCS (COC).

COC sebaiknya didasari implementasi DOC yang komprehensif dan efektif, bersama-sama menegakkan perdamaian dan stabilitas LCS, dan mengupayakan kerja sama yang saling menguntungkan, demikian Wang yang juga anggota Dewan Pemerintahan atau setingkat menteri koordinator itu.

Dalam kesempatan tersebut para diplomat senior ASEAN mengucapkan selamat atas selesainya sidang pleno Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) dan berharap bisa bekerja sama dengan China dalam menyelenggarakan pertemuan puncak peringatan 30 tahu hubungan dialog ASEAN-China. (ant/dil/jpnn)

Dalam kesempatan tersebut para diplomat senior ASEAN mengucapkan selamat atas selesainya sidang pleno Komite Sentral Partai Komunis China (CPC)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News