Menlu Retno Kembali Ajak Dunia Bela Palestina

Menlu Retno Kembali Ajak Dunia Bela Palestina
Menlu Retno Marsudi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi kembali mengajak negara-negara di dunia terus memberikan dukungan kepada Palestina. Ajakan itu juga masuk dalam materi pernyataan pers tahunan Kementerian Luar Negeri.

"Pada kesempatan baik ini Indoensia kembali menyerukan kepada negara dunia agar terus memberikan dukungan kepada Palestina," ucap Retno dalam jumpa pers awal tahun di kantor Kemenlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (9/1).

Menteri kelahiran Semarang itu menuturkan, upaya Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengubah status quo internasional terhadap Yerusalem pada pengujung tahun lalu memang mengejutkan dunia. Namun dia bersyukur mayoritas anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak terpancing.

"Alhamdulillah, dunia merespons dengan cepat. Mayoritas negara dunia masih melihat isu Yerusalem secara jernih. Hal ini tercermin dari hasil voting Sidang Umum PBB pada 21 Desember 2017. Demokrasi harus dihormati dan dilaksanakan pada tatanan dunia," tuturnya.

Diplomat senior itu pun mengharapkan sikap mayoritas negara-negara anggota PBB menjadi panduan dunia untuk menyelesaikan isu Yerusalem. Dia menegaskan, sikap Indonesia mengenai Palestina termasuk Yerusalem sudah sangat jelas, tegas dan konsisten sesuai konstitusi.

"Diplomasi Indonesia akan terus berjuang untuk Palestina, demi kemanusiaan, demi keadilan. Dukungan Indoneia untuk Palestina tidak hanya secara politik, namun juga dukungan ekonomi dan kerja sama teknis. Sekali lagi Palestina ada di Jantung politik luar negeri Indonesia," pungkas Retno.(fat/jpnn)


Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi kembali mengajak negara-negara di dunia terus memberikan dukungan kepada Palestina yang berjuang dari pendudukan Israel.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News