MenPAN-RB Desak Gubernur Kaltara Terbitkan...

MenPAN-RB Desak Gubernur Kaltara Terbitkan...
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - TARAKAN – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mendesak Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie segera menerbitkan surat edaran mengenai penghematan listrik di Kaltara. Pasalnya, listrik di provinsi termuda tersebut sering padam.

“Untuk mengurangi beban listrik, mulai jam 6 pagi mestinya semua lampu sudah dipadamkan. Saya yakin, kebijakan ini akan efektif. Bisa dimulai dari kantor-kantor pemerintah,” ujar Yuddy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/4).

Selain lampu, Yuddy juga menekankan agar penggunaan pendingin udara (air condition/AC) di ruang kerja paling dingin dengan suhu 24 derajat celcius.

“Saya minta Pak Gubernur segera menerbitkan surat edaran. Selain mengurangi byar-pet, kebijakan ini juga akan menimbulkan efisiensi," tegasnya.

Apa yang dikatakan Yuddy sangat beralasan. Selama tiga hari di provinsi termuda itu ia merasakan langsung kondisi tidak nyaman akibat sering mati lampu. 

Namun di sisi lain, Yuddy mendapati sejumlah gedung perkantoran yang lampunya tetap menyala di siang hari.

“Tolong lampunya dipadamkan," sergahnya kepada petugas di sebuah kantor pemerintah yang tengah dikunjungi.

Buru-buru petugas itu langsung memencet saklar untuk memadamkan lampu di sejumlah ruangan. Dia pun mengontrol AC di sejumlah ruangan, untuk memastikan apakah suhu AC -nya kurang dari 24 derajat atau belum.(esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News