Menpan-RB Minta Perguruan Tinggi Transparan

Menpan-RB Minta Perguruan Tinggi Transparan
Menpan-RB Minta Perguruan Tinggi Transparan

jpnn.com - BANDA ACEH – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar tampil sebagai pembicara utama pada pertemuan Forum Pimpinan Pasca Sarjana (Forpimpas) ke-36, Rabu (11/6) di Gedung AAC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kuala.

"Setiap program dan kegiatan dari penyelenggara negara harus dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. Termasuk perguruan tinggi," ujar menteri asal Aceh ini mengingatkan.

Menurutnya, akuntabilitas tersebut diperlukan agar semakin berkurangnya tindak pidana korupsi dan sebagai upaya pemberantasan korupsi dalam instansi pendidikan tinggi dan instansi lainnya.
   
Pemberian otonomi daerah, kata dia, perlu dipertegas dengan kebijakan yang ada di pusat.  Ia mencontohkan, pendidikan wajib dilaksanakan oleh pusat dan daerah, dengan tetap pengawasan dari pusat.
   
Dia menjelaskan, ada dua hal penting dalam mengupayakan penguatan landasasan terkait reformasi bidang pendidikan tinggi, yakni, sumber daya manusia (SDM) dan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
   
Pemateri lain yang turut menjadi pembicara utama adalah Prof.Dr. Haryono Umar selaku Irjen Kemendikbud R.I, Prof.Dr.Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D, yang juga Direktur Kelembagaan DIKTI, dan Prof.Dr.H.Ravik Karsidi, MS, selaku Ketua Forum Rektor Indonesia yang juga Rektor Universitas Surakarta, Jawa Tengah.
   
Dalam paparannya, Prof. Haryono Umar mengatakan  bahwa hasil penelitian Tsunami dari Unsyiah sudah diakui oleh dunia internasional. Beliau juga menekankan dari forum ini tidak hanya menghadiri forum saja, tetapi ada hal yang bisa diciptakan dan dilakukan untuk negara ini.
   
Kepala Humas Unsyiah Dr. Ilham Maulana menyampaikan, Forpimpas telah menjadi wadah pertemuan bagi para direktur pasca sarjana se-Indonesia. Tahun ini, Unsyiah menjadi tuan rumah. (mag-54)


BANDA ACEH – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar tampil sebagai pembicara utama pada pertemuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News