Menpan Terima 680 Ribu Usulan CPNS

Menpan Terima 680 Ribu Usulan CPNS
Menpan Terima 680 Ribu Usulan CPNS
JAKARTA—Profesi PNS ternyata masih dambaan utama para pencari kerja di Indonesia. Terbukti dengan data yang terentry di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) per 6 Mei sudah menyentuh angka 680 ribu orang. Jumlah itu berdasarkan usulan dari seluruh kabupaten/kota. Artinya belum dihitung dengan usulan pemerintah pusat.

“Posisinya akan terus bertambah karena sampai hari ini datanya masih masuk. Tim kita pun sedang melaksanakan proses analisi, karena prinsipnya kami ingin secepatnya tuntas,” ujar Deputi Meneg PAN Bidang SDM Aparatur Ramli Naibaho yang ditemui di Kantor Menpan, Kamis (7/5).

Jika dibandingkan dengan jumlah usulan Menpan untuk pengangkatan CPNS 2009 yang jatahnya sekitar 300 ribu, maka ada kelebihan lebih dari 100 persen. Namun menurut Ramli, Menpan bisa saja mengusulkan kembali ke Departemen Keuangan jika alasannya jelas, terutama untuk meningkatkan human development indeks (HDI).

“HDI Indonesia berada di peringkat ke 117, karena itu pak menteri menargetkan untuk pengangkatan CPNS dititikberatkan pada tiga hal. Yaitu tenaga pelayanan kesehatan, peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, dan pendidikan,” ulas Ramli.

JAKARTA—Profesi PNS ternyata masih dambaan utama para pencari kerja di Indonesia. Terbukti dengan data yang terentry di Kementerian Pendayagunaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News