Menpar Dorong Industri Wisata Mengglobal dengan Digital

Menpar Dorong Industri Wisata Mengglobal dengan Digital
Menteri Pariwisata Arief Yahya focus group discussion (FGD) dalam rangka Forum Kerja Sama Industri Pariwisata yang diselenggarakan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta Pusat, Selasa (7/3). Foto: Kemenpar

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan pelaku industri turisme tentang pentingnya menjaga kualitas layanan. Menurutnya, pelaku pariwisata harus bisa berkompetisi dengan standar internasional.

Arief mengatakan hal itu saat menyampaikan kata sambutan dan arahan pada focus group discussion (FGD) dalam rangka Forum Kerja Sama Industri Pariwisata yang diselenggarakan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta Pusat, Selasa (7/3). FGD yang digelar di Balairung Soesilo Sudarman itu itu diikuti anggota GIPI, 37 asosiasi industri pariwisata dan jajaran eselon I Kemenpar.

Tourism itu service industry. Kalau mau menjadi global player, selalu gunakan global standard,” ujarnya.

FGD itu diarahkan untuk mendukung target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang pada 2017 ini dipatok di angka 15 juta. Karenanya, dari FGD itu diharapkan muncul strategi komprehensif untuk mempercepat kenaikan jumlah kunjungan wisman.

Selain itu, Arief juga mendorong pelaku industri pariwisata aktif menjual produk-produk wisata untuk meningkatkan jumlah wisman. “Melalui sales promotion, sales mission, fam-trip dan semacamnya yang diselenggarakan oleh pemerintah,” tutur menteri asal Banyuwangi itu.

Arief pun berbagi jurus-jurus yang bisa diterapkan oleh para pelaku industri pariwisata. Antara lain penggunaan platform digital agar pariwisata bisa semakin terjangkau.

“Dalam platform digital itu ada excess economy yang bisa di-sharing sehingga biaya bisa menjadi lebih murah,” katanya.

Menteri yang juga kampiun di bidang digital marketing itu menjelaskan, saat ini handphone terutama telepon pintar sudah menjadi kebutuhan dasar. “Maka digitalisasi itu menjadi penting,” tegasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan pelaku industri turisme tentang pentingnya menjaga kualitas layanan. Menurutnya, pelaku pariwisata harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News