Menpar Resmi Buka Festival Danau Toba di Sipinsur Humbahas

Menpar Resmi Buka Festival Danau Toba di Sipinsur Humbahas
Festival Danau Toba (FDT) tahun 2017 akan digelar di Sipinsur, kabupaten Humbang Hasundutan mulai 6-9 Desember 2017. Foto: sumutpos/jpg

jpnn.com, HUMBAHAS - Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka Festival Danau Toba (FDT) 2017 hari ini, Rabu (6/12) di Sipinsur, Humbang Hasundutan (Humbahas).

Even yang berlangsung hingga Sabtu (9/12) tersebut ditarget mendatangkan 5.000 wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Elisa Marbun mengatakan persiapan pelaksanaan FDT 2017 ini sudah rampung 90 persen sejak Selasa (5/12).

Setidaknya, 2.000-an orang akan mengisi berbagai acara.

Dalam even tahunan kali ini, Elisa Marbun menjanjikan, ada konsep berbeda dari pelaksanaan sebelumnya. Perbedaan tersebut karena pengambilan lokasi kegiatan yakni di kawasan Taman Wisata Sipinsur dan Bakkara.

Dua dari banyak lokasi di kawasan Danau Toba ini merupakan bagian dari Geopark Kaldera Toba (GKT) yang merupakan situs bumi dengan target pengakuan dari UNESCO sebagai Global Geopark Network (GGN).

“Bedanya kita untuk tahun ini, FDT 2017 berbasis Geopark. Karena itu kita mengambil tempat di Taman Wisata Sipinsur. Dari situ, kita bisa memandang panorama Danau Toba dari atas bukit. Taman ini juga menjadi andalan untuk mendaftarkan Geopark Kaldera Toba ke UNESCO,” sebutnya.

Selain itu, lanjutnya, jika dibandingkan dengan FDT tahun lalu, sinergitas daerah yang berada di kawasan Danau Toba sudah sangat baik. Kabupaten Humbahas sebagai penyelenggara tahun ini juga sangat antusias.

Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka Festival Danau Toba (FDT) 2017 hari ini, Rabu (6/12) di Sipinsur, Humbang Hasundutan (Humbahas).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News