Menperin Apresiasi IKM karena Lebih Kreatif dan Gigih

Menperin Apresiasi IKM karena Lebih Kreatif dan Gigih
Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin. foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin memberikan apresiasi kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Menurut Saleh, IKM memiliki kreativitas dan kegigihan dalam berusaha. 

"Mereka (IKM) sigap memberi sentuhan artistik dan juga cepat beradaptasi dengan kondisi pasar," ujar Menperin dalam keterangan persnya, Rabu (11/11).‎

Dia mencontohkan, saat di Bali bertemu dengan perajin muda yang mengolah cangkang kerang menjadi kerajinan lampu. Dii Rote, ada mama-mama penenun yang memakai kelapa dan damar merah. 

"Inovasi-inovasi itu juga dimungkinkan oleh pola interaksi langsung IKM dengan pembeli, baik pemakai akhir atau pengusaha yang menjadi mitra mereka," terangnya.

Kemenperin melalui satuan kerja di daerah seperti Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand) dan lembaga pendidikan pelatihan juga melakukan pendampingan.‎‎ Bagi pemerintah daerah, penguatan kemampuan IKM dinilai memicu pemanfaatan potensi sumber daya alam dan budaya lebih lanjut serta .‎

Kontribusi IKM tercatat sebesar 34,56 persen terhadap pertumbuhan industri pengolahan non-migas secara keseluruhan. Merujuk data BPS tahun 2014, terdapat 3,5 juta unit usaha IKM yang merupakan 90 persen dari total unit usaha industri nasional. 

Jumlah unit usaha tersebut telah mampu menyerap tenaga kerja sebesar 8,4 juta orang, yang tentunya berdampak pada meningkatnya ekonomi nasional. (esy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin memberikan apresiasi kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Menurut Saleh,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News