Menperin Sebut Kebijakan Zero Truk ODOL Merugikan Industri

Menperin Sebut Kebijakan Zero Truk ODOL Merugikan Industri
Warga memberhentikan sejumlah truk batubara yang melintas di daerah mereka. Foto ilustrasi: Jambi Ekspres Online

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah upaya keras Kementerian Perhubungan menekan gerak truk obesitas atau overdimension overload (ODOL), melalui kebijakan Zero ODOL pada 2021, Kementerian Perindustrian justru menolak.

"Suka tidak suka, kami harus menyatakan bahwa upaya tersebut (Zero ODOL) justru akan mempersulit industri, karena akan menimbulkan tingginya production cost,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin.

Dijelaskan Agus, pihaknya telah mengirim surat resmi kepada Kementerian Perhubungan untuk menunda rencana tersebut.

“Kemarin, kami sudah mengirimkan surat resmi kepada Kementerian Perhubungan dan meminta untuk menunda peraturan tersebut paling tidak sampai industri siap pada tahun 2023-2025,” jelasnya.

Menperin memahami Zero ODOL sebagai penegakan hukum terhadap peraturan perundangan yang berkaitan dengan lalu lintas dan angkutan barang, yang bertujuan menekan dampak buruk dari ODOL.

Namun, Menperin Agus menilai salah satu pertimbangan agar Zero ODOL ditunda yakni logistik dan distribusi bahan baku maupun produk industri nasional sangat bergantung dengan moda transportasi darat yaitu truk.

Alasannya, moda transportasi laut maupun perkeretaapian hingga kini belum mampu mengurangi beban dan transportasi darat tersebut.

“Industri kan saat ini masih bergantung pada transportasi darat. Oleh karena itu perlu dicari kesamaan pandangan, walaupun kami sangat memahami kebijakan itu dalam kepentingan yang berkaitan dengan transportasi darat,” ungkap Agus.

Di tengah upaya keras Kementerian Perhubungan menjalankan kebijakan Zero truk ODOL pada 2021, Kementerian Perindustrian justru menolaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News