Menpora akan Berangkatkan Pebalap Tour de Banyuwangi Ijen

Menpora akan Berangkatkan Pebalap Tour de Banyuwangi Ijen
Ratusan pebalap saat beraksi di Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) tahun lalu. FOTO: ist

jpnn.com - BANYUWANGI – Ajang balap sepeda internasional bertajuk International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) siap digeber besok pagi, Kamis (16/10). ITdBI 2014 ini akan menempuh empat etape dengan total rute sejauh 622 kilometer.

Perhelatan event sport tourism ini akan dibuka dan diberangkatkan langsung Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) RI, Roy Suryo. Menpora akan melepas ajang bergensi ini langsung dari pendopo kabupaten, pukul 09.30 WIB. Menpora dijadwakan akan tiba di Banyuwangi, Kamis pagi pukul 07.00 wib dengan menggunakan penerbangan pesawat Garuda.

Sebelum memberangkatkan event ini, Menpora didampingi Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Ketua Koni Jatim Dhimam Abror Djuraid, dan Ketua ISSI Jatim Guntur Priambodo serta para pembalap akan menjajal rute etape pertama dengan gowes bareng sejauh dua kilometer di kawasan pusat kota Banyuwangi. “Istilahnya, menjajal start semu. Setelah itu, baru Menpora akan melepas para pembalap untuk berlomba. Menpora juga direncanakan akan menyapa masyarakat yang telah berpatisipasi di sepanjang rute etape pertama,” kata Kabag Humas Protokol Juang Pribadi.

Sementara itu, seluruh tim yang akan bertanding di event ini telah tiba di Banyuwangi, baik dari tim continental maupun tim nasional. Tim continental dari luar negeri yang siap bertarung di event balap sepeda UCI 2.2 ini, diantaranya Aisan Racing Team (Jepang), Tabriz Petrochemical Team (Iran), Pishgaman Yazd Cylcling Team (Thailand), TSR Continental Team (Iran) dan Team 7 Eleven Roadbike Philippines (T7E). Selain itu tim luar negeri lainnya yang juga telah siap Matrix Powertag (Jepang), Singha Infinite Cycling Team (Thailand) dan Kelantan Cycling Team (Malaysia).

Sedangkan tim nasional yang ikut bertanding salah satunya Denmark National Team (Denmark). Adapun tim lokal dari dalam negeri yang akan ikut berlaga, Pegasus Continental Cylcling , Polygon Sweet Nice Team, Custom Cycling Club (CCC), BBC Pessel (Sumatra Barat), Team Jatim, United Bike Kencana (UBK) dan Team BRCC – Banyuwangi.

Nama-nama punggawa balap sepeda seperti Gadher Mizbani, Mirsamad Pourseyedi Golakoir, pembalap terbaik Asia dari Iran serta Oscar Pujol Munoz asal Spanyol siap menaklukkan kemiringan lereng Gunung Ijen yang mencapai 45 derajat.

Sebelum bertanding Kamis pagi (16/10), pada Rabu malam (15/10), seluruh tim akan melakukan opening ceremony di Taman Blambangan Banyuwangi sebagai ajang perkenalan masing-masing personel tim. Masing-masing tim nanti akan memperkenalkan nama-nama personel dan negara asalnya. Mereka juga akan menyapa masyarakat yang hadir sekaligus menyaksikan pertunjukan atraksi kesenian dan budaya khas Bumi Blambangan.

ITdBI tahun ini akan melintasi atau mendekati sejumlah destinasi wisata unggulan Banyuwangi di antara Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, dan agrotourism Kalibendo. "Dengan melintasi atau mendekati destinasi wisata, ajang balap sepeda internasional ini juga akan sekaligus ikut mempromosikan wisata Banyuwangi. Ini bagian dari konsep sport tourism yang kami kembangkan," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (eri/mas)


BANYUWANGI – Ajang balap sepeda internasional bertajuk International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) siap digeber besok pagi, Kamis (16/10).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News