Menpora Amali Dorong 10 Sentra Olahraga Punya Fasilitas Lengkap Layaknya Medical Center PSSI

Menpora Amali Dorong 10 Sentra Olahraga Punya Fasilitas Lengkap Layaknya Medical Center PSSI
Menpora Zainudin Amali (tengah) Dorong 10 Sentra Olahraga Miliki Fasilitas Lengkap Seperti Medical Center PSSI. Foto: Doc. Kemenpora,

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memastikan sentra olahraga yang terpusat di 10 provinsi Indonesia akan memiliki fasilitas lengkap di antaranya sport science dan medical center, seperti yang dimiliki PSSI saat ini.

"Sesuai Perpres 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional, kami menempatkansentra di 10 provinsi. Sentra ini sengaja kami tempelkan langsung dengan perguruan tinggi yang memiliki fakultas keolahragaan."

"Sebab, di sana sudah ada laboratorium sport science, tetapi belum selengkap ini. Karena itu, kami akan dorong supaya itu menjadi lengkap," ujar Menpora Amali saat meresmikan Medical Center PSSI di Gedung GBK Arena, Lantai 5, Senayan Jakarta Pusat, Senin (14/3) siang.

Menpora Amali mengatakan dalam pengadaan itu akan dilakukan secara bertahap karena harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan Kemenpora.

"Jadi, dengan hadirnya Medical Center yang ada di PSSI, saya kira kami akan dorong di sentra yang ada di berbagai daerah, tinggal kami lihat mana laboratorium sport science itu yang kurang, itu yang kami akan lengkapi," jelasnya.

Menurut Menpora Amali, salah satu yang menjadi sentra olahraga di Jawa Barat, yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tengah mengajukan pendirian fakultas kedokteran olahraga.

Rencananya, akan dibangun di Subang dan lokasinya bertetanggaan dengan training camp PSSI.

"Jadi, ini perkembangan yang menarik di sport medicine dan sport medicine ini sudah mulai berkembang seperti yang kami sampaikan di berbagai tempat. Tidak mungkin kami mengharapkan prestasi tanpa didampingi oleh sport science," jelasnya.

Menpora Amali dorong 10 sentra olahraga miliki fasilitas lengkap seperti Medical Center PSSI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News