Menpora Amali: Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Solusi Masa Depan Bangsa

Menpora Amali: Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Solusi Masa Depan Bangsa
Menpora Zainudin Amali menjadi salah satu pembicara kunci pada Dialog Nasional 2021 UNDP Youth, yang merupakan kerja sama UNDP Representatif Indonesia, Kemenpora RI, KemenPPN/Bappenas, dan Citi Foundation, Kamis (20/5) pagi. Foto: Kemenpora.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan salah satu solusi Indonesia maju di masa mendatang adalah bagaimana seluruh komponen bangsa menyiapkan pengembangan kewirausahaan pemuda.

Mantan ketua Komisi II DPR RI itu menjelaskan posisi strategis pemuda adalah pelaku pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

"Pemuda saat inilah tulang punggung Indonesia maju pada tahun 2045, tepatnya 100 tahun Indonesia merdeka," kata Amali saat menjadi salah satu pembicara kunci Dialog Nasional 2021 UNDP Youth, kerja sama UNDP Representatif Indonesia, Kemenpora RI, KemenPPN/Bappenas, dan Citi Foundation, Kamis (20/5) pagi.

Dia menambahkan pemuda perlu membekali diri dan menyiapkan ekosistemnya dengan berbagai kompetensi sesuai potensi masing-masing.

Di antara kompetisi penting yang harus ada adalah soft skill kewirausahaan di kalangan pemuda.

Kewirausahaan pemuda yang berkembang akan menjadi solusi multidimensi.

Sebab, pengembangan kewirausahaan pemuda diharapkan mampu mendorong perekonomian dengan basis kreativitas dan inovasi pada berbagai sektor ekonomi. Terutama di sektor ekonomi kreatif.

"Pengembangan kewirausahaan pemuda menjadi fondasi penting pengembangan kewirausahaan secara nasional. Dengan itu akan mampu melahirkan wirausaha pemula, mampu membuka lapangan pekerjaan, dan ini perlu kita wujudkan bersama," tambahnya.

Menpora Zainudin Amali menegaskan bahwa posisi strategis pemuda adalah sebagai pelaku pembangunan bangsa di masa yang akan datang. Pemuda saat ini adalah tulang punggung Indonesia maju pada 2045, tepat 100 tahun Indonesia merdeka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News