Menpora: Anak Muda Harus Kreatif Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Menpora: Anak Muda Harus Kreatif Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Menpora Zainudin Amali memberikan Kuliah Umum di Gedung Rektorat Lantai 4 Ruang A Universitas Sam Ratulangi. Foto: Raiky/kemenpora.go.id

jpnn.com, MANADO - Menpora Zainudin Amali memberikan kuliah umum dengan tema Budaya Kepemimpinan Pemuda di Masa Revolusi Industri 4.0 di Gedung Rektorat Lantai 4 Ruang A Universitas Sam Ratulangi, Jumat (1/11).

Tiba di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Menpora disambut Rektor Unsrat Ellen J. Kumaat bersama ratusan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi.

Di depan mahasiswa baru, Menpora membuka dengan menceritakan nostalgianya dengan Kota Manado. “Dulu saya tinggal dekat Unsrat ini, dan saya berkeinginan untuk kuliah di Unsrat, tetapi tapi tidak kesampaian. Kalau dulu saya tidak sempat kuliah di Unsrat, tetapi sekarang saya memberi kuliah di Unsrat. Unsrat harus menjadi universitas terbaik di Indonesia Timur,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Menpora mengatakan bahwa apa yang ada sekarang sedang menjadi tentangan. Paling tidak yang harus dihadapi bagi muda sekarang adalah masalah pengangguran dan angkatan kerja. Menurutnya, angkatan kerja makin hari makin bertambah. Kemudian juga ada perilaku destruktif yang sekarang ini menjadi tantangan.

"Rata-rata usia perilaku destruktif adalah anak muda, seperti narkoba, radikalisme dan berbagai hal yang negatif yang membuat akhirnya anak muda tidak produktif. Dan ini menjadi yang harus disadari bersama. Karena itu, kepada adik-adik mahasiswa di samping kalian dituntut untuk berprestasi akademik dan kalian juga sudah harus mempersiapkan diri untuk masa depan kalian," ucapnya.

Masih katanya, di era globalisasi pengaruh global juga menjadi tantangan tersendiri buat para generasi muda. "Komunikasi sudah sangat gampang. Sekarang dengan kecanggihan teknologi pesan kita bisa sampai dalam setiap detik. Dan kalau kita masih tetap dengan kondisi konvensional maka dalam persaingan global akan tertinggal jauh," ucapnya.

Rektor Ellen Kumaat mengatakan Unsrat yang sekarang telah mengalami peningkatan baik dalam kualitas juga kuantitas.“Unsrat yang mengayomi sistem pendidikan dengan filosofi Tu Mou Tou, memanusiakan manusia, telah mampu mencegah gerakan radikalisme di lingkungan kampus,” kata Ellen Kumaat.

Hadir dalam acara tersebut, Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal, Staf Ahli Hukum Olahraga Samsudin, Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda Hamka Hendra Noer, Sesdep Bidang Pengembangan Pemuda, Amar Ahmad, Plt. Asdep Olahraga Prestasi Ahmad Arsani. (jpnn)

Menpora Zainudin Amali membuka kuliah umum dengan menceritakan nostalgianya di Kota Manado.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News