Menpora Bangga Memakai Baju Sakera

Menpora Bangga Memakai Baju Sakera
Para menteri Kabinet Kerja dengan pakaian tradisional dari daerah asal bersama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Foto: Humas Kemenpora.

jpnn.com, JAKARTA - Nuansa keberagaman Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika terlihat pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di halaman Gedung Pancasila, Gambir, Jakarta, Kamis (1/6) pagi tadi.

Jajaran menteri Kabinet Kerja kompak memakai pakaian adat dari daerah masing-masing.

Salah satunya Menpora Imam Nahrawi yang menggunakan baju Sakera sebagai ciri khas dari Madura, Jawa Timur.

Imam memakai baju serta celana hitam longgar dengan kaos garis-garis merah putih dengan dilengkapi tutup kepala, kain sarung, dan ikat pinggang.

Menpora bersama jajaran menteri lainnya terlihat begitu khidmat mengikuti jalannya proses upacara.

Presiden Jokowi dan JK sendiri pada upacara itu juga memakai pakaian adat khas Betawi dengan motif warna hitam

Presiden Jokowi yang bertindak sebagai Ispektur Upacara menegaskan bahwa Pancasila perlu lebih didalami, dihayati, dan diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Upacara ini merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila yang pertama kalinya. Upacara ini meneguhkan komitmen kita bersama agar kita lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara," ujar Jokowi, sapaan akrab presiden, dalam amanatnya.

Nuansa keberagaman Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika terlihat pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Joko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News